Salah Komunikasi

Seseorang bersukacita karena jawaban yang diberikannya, dan alangkah baiknya perkataan yang tepat pada waktunya ! ( Amsal 15:23. )

Saudara pernah ke daerah Malioboro Jogja ? Pada suatu hari ada bule kehilangan sepeda motornya yang diparkir di depan sebuah toko di jalan Malioboro . Lalu ia bertanya pada Mamat – seseorang yang sedang duduk di perparkiran , apakah dia melihat seseorang membawa motornya .

Mamat : Yes, he use to table square-square . Worth he fast-fast go without any wet expire . ( maksudnya: Iya, dia pakai kemeja kotak-kotak . pantes dia cepat-cepat pergi tanpa basa-basi . ) . Lalu dengan ‘sok’ berwibawa si Mamat menasehati si bule tadi .

Mamat: Sir, different river , if park bicycle motor liver-liver , yes ? ( Tuan, lain kali kalau parker sepeda motor hati-hati ya ? )

Si bule tadi diam saja , karena ‘bingung’ tidak tahu apa yang dikatakan mamat , dan dia juga nggak tahu mesti ngomong apa .

Mamat: Ha… ha…. Basic bule ! ( ha…ha… Dasar bule ! )

Karena tambah bingung si bule memilih pergi saja , dan Mamat dengan ‘PD’-nya berkata: “ Breasttt………!” ( Dadaaaa…….! ) .

Rupanya keramahan dan niat baik si Mamat justru membuat bingung orang bule itu .

(p.s. Ini hanya sebuah lelucon , semoga menambbah hari Saudara semakin ceria )

Dari illustrasi diatas , kita bisa mengambil hikmah bahwa komunikasi yang hanya dari diri kita sendiri , tanpa melihat reaksi atau mempertimbangkan fihak lain – tidak akan bisa berjalan dengan baik.

Karena itu kita harus tahu dengan siapa kita berbicara , bagaimana berbicara dengan orang yang sedang marah- sedang sedih – sedang memerlukan pertolongan atau penghiburan – berbicara dengan seseorang yang ‘bandel’ dan tidak pernah tahu bahwa dirinya bersalah dsb.. Supaya apa yang kita katakana mencapai sasaran dan tidak berdampak memperburuk keadaan .

Marilah kita belajar berkomunikasi dengan bijak – semua problem di bumi ini banyak dikarenakan komunikasi yang buruk . mintalah hikmat dari Tuhan supaya perkataan yang kita ucapkan itu bermanfaat baik bagi Kerajaan-Nya .

Comments :

0 komentar to “Salah Komunikasi”

Posting Komentar