Berdalih .. jalan menuju kegagalan : Pengkotbah 7 : 27-29.

Pengkotbah 7:29 Lihatlah, hanya ini yang kudapati: bahwa Allah telah menjadikan manusia yang jujur, tetapi mereka mencari banyak dalih.

George Washington Carver , seorang penemu dan sekaligus seorang ahli kimia kulit hitam yang sukses pernah berkata : “ 99% dari semua kegagalan berada dari kebiasaan orang-orang yang punya kebiasaan berdalih.” Pernyataan tersebut benar adanya , bahwa orang yang memiliki kebiasaan berdalih akan selalu membuat alibi agar banyak orang memaklumi kegagalannya . orang-orang tersebut menjelaskan mengapa mereka belum berhasil, mengapa mereka tidak berhasil , mengapa mereka ‘tidak mungkin’ berhasil dan mengapa mereka bukan orang yang berhasil .

Jika kita mempelajari tentang orang-orang yang sukses, kita tidak pernah menemukan satu atau lebih dalih besar mereka untuk bersembunyi di belakangnya.

Franklin D. Roosevelt dapat saja bersembunyi di balik kelumpuhannya. Trumann dapat berdalih bahwa dirinya bukanlah seorang yang memiliki pendidikan tinggi . Dwight Eisenhower bisa saja memakai dalih serangan jantung yang dideritanya. Namun, ketiga mantan presiden USA itu tidak pernah mengungkapkan hal-hal tersebut sebagai dalih – mereka menggunakan kelemahannya sebagai alibi agar orang-orang maklum kalau toh akhirnya mereka tidak berhasil .

Jika kita ingin sukses , janganlah suka berdalih pada saat mengalami kegagalan. Kalau kita membuat dalih maka kita tidak akan p[ernah belajar dari kegagalan itu dan justru akan semakin ‘terpuruk’ dengan membenarkan kegagalan itu !

Milikilah jiwa besar untuk mengakui kegagalan dan terus evaluasi penyebabnya dan memperbaiki diri senantiasa dan percayalah keberhasilan akan datang pada waktunya bila kita gigih memperjuangkannya dan terus berdoa !

Sebaiknya dalih-dalih seperti: kesehatan yang kurang baik , modal terbatas , pendidikan tidak cukup , akibat SARA minoritas , sangat muda , terlalu tua , nasib buruk , orang tua yang salah dll.. dll.. – jangan biasakan berdalih jika kita ingin maju !

Comments :

0 komentar to “Berdalih .. jalan menuju kegagalan : Pengkotbah 7 : 27-29.”

Posting Komentar