ANGAN MENUTUP HATI

Bacaan: 1 Yohanes 3:11-18

“Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau denagn lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran.” (1 Yohanes 3:18)

Kalau saudara sungguh-sungguh orang Kristen, maka pasti tahu ajaran yang paling menonjol dalam Firman Tuhan. Firman Tuhan dengan tegas memberikan penjelasan bahwa menjadi orang Kristen itu tidak mudah, sebab kasih yang dituliskan dalam Firman Tuhan adalah kasih yang harus dibuktikan dengan tindakan yang nyata. Firman Tuhan dengan tegas mengatakan, “...jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna" (1 Kor. 13:1-2).

Kasih hanya bisa terungkap secara nyata apabila anda dapat mewujudkannya lewat perbuatan kepada orang-orang yang memerlukan bantuan, dengan memberikan pertolongan kepada mereka (Yak. 2:14-17).

Menolak membagi makanan, pakaian atau uang untuk menolong seseorang yang benar-benar
memerlukan bantuan, itu berarti anda sedang menutup hati terhadap kebutuhan sesama (Ul. 15:7-11), termasuk memberikan bantuan keuangan untuk pemberitaan Injil di manapun juga.
Suatu saat saya bertemu dengan seorang ibu yang cukup kaya. Ia bercerita tentang masa lalunya kepada kami. Ia bercerita, dulu ia memiliki rumah yang
mewah dengan beberapa mobil yang mewah pula. Setiap bulannya ia bisa menerima uang berjuta-juta rupiah, tetapi sayang hatinya begitu dingin dan tertutup terhadap kebutuhan sesamanya. Setiap kali pendetanya menawarkan kesempatan untuk menolong orang-orang yang membutuhkan pertolongan, hatinya selalu tertutup rapat sampai suatu saat Tuhan sendiri membuka hati yang ditutup rapat itu.

Semua miliknya habis dalam sekejap. Usahanya bangkrut, uang simpanannya habis, mobil mewah harus dijual demi melunasi hutang dan lain-lain. Praktis semua miliknya ludes, sampai akhirnya ia harus menumpang di rumah saudaranya. Sejak peristiwa itu, ibu ini mulai berubah. Semangat hidupnya bangkit kembali untuk melakukan sesuatu bagi orang lain. Setiap hari ia mulai berdoa agar Tuhan memulihkan hidupnya demi orang lain. Tuhan kemudian memulihkan usahanya, apa yang pernah dimilikinya Tuhan kembalikan dan hal
yang luar biasa,hatinya terbuka untuk menolong sesamanya. Kasih kepada Tuhan makin bertambah dan kasih itu yang menumbuhkan kasih kepada sesamanyasampai saat ini. (Pdt. Ferry Hin)

Doa: Ya Tuhan, ajar kami untuk selalu memiliki hati yang mengasihi. Amin!
KASIH SEJATI SELALU MAU MENGULURKAN TANGAN UNTUK SESAMANYA, TANPA MEMANDANG BULU

Comments :

0 komentar to “ANGAN MENUTUP HATI”

Posting Komentar