Menyalibkan Manusia Lama

Bacaan: Roma 6:1-12

“Karena kita tahu bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar kita jangan menghambakan diri lagi kepada dosa” (Roma 6:6)

Sebagai orang percaya, kita harus terus mengadakan pembersihan dan pembenahan diri agar hidup lebih bersih dan lebih berarti. Pembenahan diri kita lakukan dengan cara :

1. Menyalibkan manusia lama. Kita harus menyalibkan manusia lama, karena manusia lama kita sudah usang dan menyulitkan kita serta membebani kehidupan yang telah diperbaharui oleh Kristus. Firman Tuhan memperingatkan kita agar jangan menaruh anggur baru dalam kantong yang lama.

2. Supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya. Ketika kita menanggalkan hidup lama dengan segala kedagingan maka kita akan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk, mengubahnya dengan aktivitas yang baru sesuai dengan firman Tuhan, yakni: suatu kegiatan rohani yang lebih memberi makna positif, bagi diri kita dan bagi sesama kita. Pakailah semua waktu kita dan seluruh anggota tubuh kita untuk pekerjaan yang mulia bagi Tuhan.

3. Jangan kita menghambakan diri lagi pada dosa. Perbuatan dosa menghabiskan waktu kita untuk hal-hal yang sia-sia. Perbuatan dosa menghabiskan berkat dari Tuhan untuk membiayai aktivitas dosa. Perbuatan dosa mengalihkan perhatian, sehingga perhatian pada keluarga dan pekerjaan jadi berkurang bahkan tidak ada lagi perhatian sama sekali. Jika kita masih diperhamba dosa, maka kita akan menjadi orang yang gagal dalam hidup ini.

Kadangkala secara tidak sadar kita sudah masuk dalam perangkap dosa, dan sekali saja kita masuk dalam perangkap dosa itu, akan sulit keluar. Namun, kalau kita bersungguh-sungguh untuk lepas dari dosa dan dengan kekuatan yang dari Allah, maka kita akan dapat keluar dari kungkungan dosa itu.

Nah, kalau ketiga hal tersebut benar-benar kita lakukan di dalam kehidupan rohani kita, maka diri kita akan bersih dari segala hal-hal yang membuat kehidupan rohani terhambat. Jika diri kita bersih dari segala hal-hal yang tidak berkenan kepada-Nya, maka Roh Allah (Roh Kudus) tinggal di dalam hidup kita, dan akan memimpin setiap langkah kita. (fl)

Doa: Banyak hal kedagingan yang masih melekat dalam kehidupan kami Bapa, untuk itu ampuni kami dan beri kekuatan agar dapat bangkit dan maju. Amin!
SERINGKALI ORANG PERCAYA TAKUT AKAN KEHILANGAN DUNIA PADAHAL BAPA DI SORGA MENYEDIAKAN YANG LEBIH BAIK

Comments :

0 komentar to “Menyalibkan Manusia Lama”

Posting Komentar