Lukas 19: 11-27 - Tiga Alasan

Di dalam gereja , saya melihat begitu banyak Saudara yang memiliki potensi – talenta yang luar biasa , namun hanya menjadi ‘biasa-biasa saja’ dan tidak bisa memanfaatkan semua talenta yang Tuhan telah percayakan dengan optimal.

Begitu menyedihkan ! saat saya membaca firman Tuhan dari Lukas 19: 11-27 , kita temukan betapa tragisnya nasib seseorang yang gagal memanfaatkan potensi yang ada di dalam hidupnya .

Apakah kita termasuk orang yang demikian ? yang tidak mengembangkan dan gagal memanfaatkan potensi atau talenta yang ada ? Apa yang membuat hal itu terjadi ?

Alasan pertama, kita menyangkal potensi di dalam diri kita sendiri.
Sebenarnya Tuhan telah mempercayakan suatu talenta atau potensi khusus yang luar biasa , hanya saja kita selalu menyangkalnya dan berkata bahwa kita tidak bisa berbuat apa-apa . kita berkata kepada diri sendiri bahwa kita tidak mampu , lebih parah lagi , kita meyakinkan orang lain bahwa kita adalah orang yang tidak bisa berbuat apa-apa.

Alasan kedua, perasaan takut gagal.

Barangkali kita merasa ada suatu potensi khusus dalam diri kita , hanya saja kita tidak pernah mencoba untuk menggali dan mengembangkannya hanya karena kita takut gagal. Kita tidak pernah menyadari bahwa tidak berani mencoba , memilih aman dan tidak berbuat apa-apa sama sekali justru kegagalan terbesar. Lebih baik mencoba dan gagal daripada tidak mencobanya sama sekali .

Alasan ketiga, penundaan yang berkelanjutan.

Kita memanfaatkan talenta kita, tapi entah kapan . jangan pernah menganggap remeh penundaan ini , karena jika kita terus menundanya ada waktunya kita kehilangan kesempatan untuk bisa memanfaatkan talenta yang kita punya . waktu terbaik yang kita miliki adalah SEKARANG , bukan besok , bukan nanti.

Penundaan adalah cara yang paling halus untuk mematikan potensi dan talenta di dalam diri kita. Kita tidak pernah menyadarinya , hingga suatu saat kita menyadari bahwa kesempatan untuk memanfaatkan talenta itu sudah berlalu . Jika ingin menjadi orang yang sukses baik di pekerjaan , study maupun dalam hidup pelayanan , jangan pernah mengabaikan potensi dan talenta yang ada di dalam diri kita .

Temukanlah talentamu dan terus kembangkan untuk kemuliaan nama Tuhan ! karena kelak engkau harus mempertanggung jawabkannya ! gereja Tuhan menantikanmu dan gereja adalah tempat yang terbuka bagi umat Tuhan dalam mengembangkan talenta masing-masing … maju terus ! optimalkan potensimu untuk Kerajaan Tuhan karena itulah investasi sejati bagi masa depan penuh pengharapan ! – masa depan dimulai dari detik ini !

Comments :

0 komentar to “Lukas 19: 11-27 - Tiga Alasan”

Posting Komentar